Beli Domain .ID Murah Dimana?

Domain .ID adalah salah satu domain resmi Indonesia terpopuler selain .co.id. Domain .ID digemari blogger dan pemilik situs di Indonesia karena terkesan eksklusif, hanya terdiri dari dua huruf, dan tidak memerlukan syarat administrasi rumit seperti domain .co.id.

Pada awal ekstensi .ID resmi dijual, harganya cukup mahal yakni sekitar Rp.550.000/tahun. Namun, kini harganya mulai turun hingga Rp.270.000. Nah, meski harga tersebut cukup terjangkau, ternyata masih banyak registrar domain yang memberikan harga kurang dari Rp.200.000. Berikut beberapa penyedia layanan registrasi domain yang menyediakan domain .id murah.

Daftar Harga Beli, Transfer, & Perpanjangan Domain .ID

Berikut beberapa registrar yang memberikan harga domain .id murah (kisaran harga dibawah Rp.250.000). Registrar-registrar ini dipilih karena memberikan harga yang stabil dan cenderung tidak berubah saat diperpanjang.

RegistrarHarga beliHarga transferPerpanjanganLink
Exabytes IDRp. 195,000Rp. 195,000Rp. 259,000Beli Domain.ID
IDCLOUDHOSTRp. 180,000Rp. 180,000Rp. 180,000Beli Domain.ID
NiagahosterRp.200.000Rp.200.000Rp.200.000Beli Domain .ID

Tips Memilih Nama Domain SEO Friendly untuk Website .ID Anda

Jika Anda belum pernah membeli domain sebelumnya, pastikan Anda mengikuti tips memilih nama domain dari Search Engine Journal berikut:

Pilih Nama Domain yang Unik

Keunikan nama domain memudahkan Anda membangun brand atas nama Anda atau usaha Anda. Nama domain yang unik juga membantu pelanggan atau followers menemukan situs yang sedang Anda bangun.

Domain name blog ini, evilgenius.id misalnya, ia bukan domain name yang unik. Ia tidak mencerminkan diri saya dan tidak mencerminkan isi blog ini: Tips blogging, tulisan pengetahuan umum, dan beberapa renungan kehidupan. Jadi, branding-nya susah.

Belum lagi jika ada sebuah provider game atau apapun, yang mematenkan nama evilgenius. Bisa-bisa saya kena tegur.

Jadi, jangan tiru keputusan saya memilih domain name. Pastikan nama domain Anda unik dan menggambarkan brand produk atau diri Anda.

Hindari Keyword on Domain

Penggunaan keyword on domain dulu memang bagus untuk SEO. Namun, kini Google akan mem-banned website Anda jika tips SEO usang ini Anda gunakan. Google beralasan keyword on domain atau exact match domain itu spammy. Banyak pemilik website yang memilih KoD malas memperkaya konten website mereka dan mengandalkan KoD untuk menaikkan ranking situs mereka di hasil pencarian.

Jadi, jika Anda merasa wajib menggunakan keyword sebagai nama domain, satu-satunya jalan agar aman membeli domain dengan KoD atau EMD adalah dengan menulis dan menampilkan konten berkualitas pada situs tersebut. Jadi, kualitas artikel dan konten Anda akan menutupi kelemahan KoD tersebut.

Pilih Nama Domain yang Pendek dan Ringkas

Gunakan nama domain yang ringkas, pendek, mudah diucapkan, dan diketik. Kebanyakan pengguna internet akan malas mengetikkan alamat situs yang panjang. Nah, apa guna ekstensi domain .ID yang pendek jika Anda masih menggunakan nama domain yang panjang?

Gunakan maksimal dua kata di domain name Anda. Jika masih ingin menambahkan lokasi atau informasi apapun, Anda masih bisa menambahkannya saat situs Anda dibangun nanti. Baik dalam bentuk direktori, sub-domain, atau nama file.

Hindari Karakter Penghubung Pada Nama Domain Anda

Penggunaan angka dan karakter penghubung (-, hyphens atau _, underscore) juga dianggap spammy oleh Google. Selain itu, penggunaan karakter penghubung membuat domain name Anda susah diucapkan.

Pertanyaan Seputar Domain .ID

Mengapa Memilih Domain .ID?

Domain .ID adalah salah satu domain resmi Indonesia terpopuler selain .co.id. Domain .ID digemari blogger dan pemilik situs di Indonesia karena terkesan eksklusif, hanya terdiri dari dua huruf, dan tidak memerlukan syarat administrasi rumit seperti domain .co.id.

Berapa Harga Domain .ID?

Pada awal ekstensi .ID resmi dijual, harganya cukup mahal yakni sekitar Rp.550.000/tahun. Namun, kini harganya mulai turun hingga Rp.270.000.

Kenapa Domain .ID Mahal?

Penyebab tingginya harga domain .ID karena ekstensi domainnya yang pendek, sehingga kesannya eksklusif

Beli Domain .ID Murah Dimana?

Saat artikel ini ditulis, registrar yang memberikan harga beli, transfer, dan perpanjangan domain ID termurah adalah IDCloudhost (Rp.180.000/tahun)

Bagaimana cara menggunakan domain .ID?

Anda harus mendaftarkan dan membeli domain .ID Anda pada penyedia layanan pendaftaran domain .ID murah dalam artikel ini.

Apa Saja Syarat Pendaftaran Domain .ID?

KTP atau dokumen administrasi kenegaraan lainnya

Bagaimana cara memilih nama domain .ID yang baik?

Pilih nama domain yang pendek, unik, tidak diberi kata penghubung, dan tidak dimiliki orang lain :v

Lai Karomah
What am I really? Dunno~