10 Tips Menulis Review Karya Ilmiah yang Baik

Advertisements

Review ilmiah adalah sebuah proses atau tulisan yang disusun untuk membedah sebuah makalah ilmiah.  Membaca dan menulis ulasan atau review karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, buku, hingga jurnal penelitian merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki seorang akademisi.

Kegiatan ini bertujuan menilik seberapa jauh perkembangan ilmu pengetahuan serta memperkuat dasar-dasar keilmuan yang dimiliki oleh seorang akademisi. Umumnya seorang akademisi mereview sebuah makalah penelitian untuk tugas, mencari metode atau dasar teori penelitian, dan menyusun state of the art suatu topik.

Untuk membantu Anda menyusun review karya ilmiah, Kami telah merangkumkan paper ‘Ten Simple Rules for Writing a Literature Review‘, sebuah paper langkah-langkah penulisan tinjauan pustaka atau review karya ilmiah yang baik.

10 langkah dibawah ini adalah hasil pengalaman Marco Pautasso, saat saintis dari  Centre for Biodiversity Synthesis and Analysis (CESAB) Prancis ini menempuh studi doktoralnya.

10 Langkah Menulis Review Karya Ilmiah yang Baik

Langkah Pertama : Menentukan Topik dan Pembaca

Langkah pertama menyusun review karya ilmiah adalah menentukan topik dan pembaca tulisan Anda tersebut. Pemilihan topik dapat disesuaikan dengan tujuan review tersebut ditulis.

Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih karya ilmiah untuk direview

  1. Pilihlah topik yang memiliki aspek penting dalam bidang yang Anda dalami. Misalnya jika Anda mendalami biologi kesehatan, cobalah cari topik yang sedang hangat dan membawa dampak besar dalam perkembangan bidang tersebut. Sebut saja teknologi editing gen dengan Crispr-Cas9.
  2. Pilihlah topik yang populer dan telah banyak dikaji. Poin ini penting karena banyaknya kajian akan membantu Anda memahami topik pilihan tersebut. Point ini juga penting untuk menarik audiens atau pembaca, jika review jurnal tersebut harus dipresentasikan.
  3. Pilihlah topik yang Anda kuasai akan mempermudah Anda mempresentasikan ide pokok dalam jurnal yang Anda pilih (untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari dosen pengampu).

Langkah Kedua : Mengumpulkan Jurnal-jurnal Ilmiah Pendukung

Setelah Anda mendapatkan topik yang cocok, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan buku dan jurnal-jurnal pendukung.

Jika Anda menulis untuk tugas review jurnal, pilihlah satu jurnal utama untuk didalami. Pilihlah jurnal-jurnal pendukung dalam jurnal utama tersebut. Tujuannya adalah untuk memperkaya pemahaman Anda terhadap pokok kajian jurnal utama. Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat menggunakan fitur ‘related articles’ pada Google Scholar.

review karya ilmiah
Menggunakan fitur related article untuk mendapatkan jurnal pendukung topik (Sumber : tangkapan layar Google Scholar)

Jika Anda menulis review jurnal untuk menulis tinjauan pustaka, Anda harus mencari jurnal-jurnal yang sesuai dengan tujuan penelitian Anda. Carilah jurnal yang sesuai dengan state of the art riset Anda. Pilih sesuai kebaharuan dan timeline-nya. Anda dapat menggunakan fitur sort by topics dan sort by date/time pada situs pencarian google scholar.

Fitur Google Scholar yang membantu pencarian jurnal sesuai kebutuhan (Sumber : tangkapan layar Google Scholar).

Langkah Ketiga : Catat Point Penting Pada Jurnal yang Direview

Sebuah ulasan karya ilmiah yang baik adalah tulisan yang disusun berdasarkan pemahaman Anda terhadap topik tersebut. Oleh karena itu, Anda harus membaca jurnal-jurnal yang Anda kumpulkan. Catat poin-poin penting, informasi menarik, permasalahan dan state of the art dari jurnal tersebut.

Poin-poin diatas dapat Anda gunakan sebagai kerangka pikiran untuk menulis ulasan. Anda dapat menggunakan aplikasi paper management system seperti Mendeley untuk mencatat dan menandai poin pada jurnal yang Anda baca.

review jurnal ilmiah
Menggunakan mendeley untuk mengatur dan mempermudah pembacaan jurnal ilmiah pilihan Anda

Langkah Keempat dan Kelima : Tentukan Fokus Review Anda

Setelah membaca jurnal-jurnal pilihan, Anda pasti mulai menemukan ide untuk menentukan fokus yang akan diulas. Ide-ide tersebut juga harus disesuaikan dengan kepentingan ulasan tersebut ditulis.

Misalnya begini, jika Anda menulis untuk tugas presentasi, fokuskan review pada kebaharuan topik dan state of the art-nya. Namun, jika Anda menulis ulasan untuk tinjauan pustaka atau makalah, Anda harus memaparkan kebaharuan, state of the art, dan metodologi yang digunakan dalam jurnal tersebut.

 

Incoming search terms:

(Visited 696 times, 1 visits today)