Pengertian Asuransi Menurut Ahli dan Sejarahnya Secara Singkat

Advertisements

Asuransi adalah salah satu kegiatan keuangan yang pupuler dewasa ini. Asuransi merupakan proses perjanjian antara pihak tertanggung yang memiliki premi dan pihak penanggung, dimana pihak pertama akan mendapatkan kompensasi atas kerugian yang terjadi akibat kecelakaan, pencurian, dan bencana alam. Pengertian asuransi memiliki berbagai ragam menurut para ahli. Oleh karena itu, pada artikel ini disajikan pengertian dan sejarah asuransi secara singkat menurut para ahli ekonomi.

Pengertian Asuransi Menurut Berbagai Sumber

Pengertian Asuransi Menurut KUHD pasal 246

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang pasal 246 mendefinisikan asuransi sebagai sebuah perjanjian antara dua belah pihak. Pihak pertama, pihak tertanggung mengikatkan diri pada pihak penanggung untuk mendapatkan premi. Premi adalah uang atau barang pertanggungan yang diberikan pihak penanggung pada pihak tertanggung saat pihak kedua mengalami musibah atau kerugian tertentu.

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Definisi Asuransi Menurut Wiliams dan Heins (1995 dalam buku Risk management and insurance)

Kedua ahli ekonomi tersebut mendefinisikan asuransi berdasarkan dua sudut pandang ekonomi dan hukum. Definisi asuransi dalam sudut pandang hukum menurut Williams dan Heins adalah persetujuan antara dua belah pihak (penanggung dan tertanggung) yang melibatkan penyetoran sejumlah dana untuk mengganti kerugian dikemudian hari. Sedangkan dalam sudut pandang ekonomi, keduanya memberi pengertian sebagai bentuk jaminan yang diberikan pihak penanggung terhadap pihak tertanggung.

Definisi Asuransi Menurut Greene dkk

Greene dkk pada buku Risk and Insurance menyebutkan bahwa asuransi adalah sebuah badan ekonomi yang berusaha menanggulagi kerugian akibat suatu musibah dengan mengelola berbagai aset dari pihak tertanggung. Dengan demikian, kerugian kolektif dari pihak tertanggung di masa depan dapat diminimalisir dengan usaha tersebut.

Berdasarkan pengertian dari para ahli diatas, asuransi adalah proses perjanjian antara pihak tertanggung yang memiliki premi dan pihak penanggung, dimana pihak pertama akan mendapatkan kompensasi atas kerugian yang terjadi akibat musibah seperti kecelakaan, pencurian, dan bencana alam.

Sejarah Asuransi Menurut Para Ahli Managemen dan Ekonomi

(Visited 9 times, 1 visits today)

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.