Advertisements

Mengenal Bioteknologi Kesehatan

Bioteknologi kesehatan atau medis didefinisikan sebagai pemanfaatan sel hidup dan materi dalam sel untuk riset, diagnosis, pengobatan serta pencegahan serangan penyakit pada manusia. Cabang ilmu ini dikembangkan oleh ilmuwan bioteknologi dalam kegiatan penelitian medis. Kegiatan penelitian medis dapat dilakukan dalam skala industri atau skala kegiatan akademis.

Kedua kegiatan tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Riset bioteknologi medis akademis dilakukan dalam laboratorium skala institusional dan dilakukan untuk mengembangkan teknik serta metode baru. Sedangkan kegiatan biomedis industri menghasilkan suatu produk pengobatan modern dalam jumlah yang sangat besar untuk diperjual belikan.

Contoh Produk Bioteknologi Medis

Contoh penemuan dibidang ini adalah insulin dan hormon pertumbuhan. Keduanya merupakan penemuan yang berkaitan dengan studi DNA dan rekayasa genetik. Dengan ditemukannya gen penyandi insulin dan hormon pertumbuhan, maka proses produksi kedua substansi biologis tersebut dapat diproduksi secara industrial dengan menyisipkan gen terkait pada bakteri yang memiliki pertumbuhan cepat.

Selain berupa produk yang dapat langsung dimanfaatkan sebagai metode pengobatan, dalam bidang ilmu ini juga dipelajari penyebab suatu penyakit. Seperti pada riset penyakit Parkinson. Ilmuwan mempelajari berbagai gen yang diduga berkaitan dengan penyakit tersebut. Hingga pada suatu saat, penyakit parkinson dapat dikontrol bahkan disembuhkan secara total.

Perkembangan Bioteknologi Medis Modern

Dengan perkembangan teknologi yang tumbuh pesat, aplikasi bioteknologi dalam pengobatan modern telah mencapai tingkatan advanced. Dengan penemuan stem cell, diharapkan kerusakan organ akibat suatu penyakit destruktif seperti gagal ginjal, kematian otot jantung bahkan amputasi dapat teratasi. Teknologi seperti 3D bio-printer diharapkan mampu menghasilkan organ utuh dan fungsional untuk transplantasi dimasa depan. Selain itu, terapi gen juga diharapkan mampu mengobati penyakit yang bersifat inheretif. Untuk lebih jelas dan absahnya, silahkan baca jurnal review perkembangan bioteknologi medik modern berikut.

[gview file=”http://www.eolss.net/Sample-Chapters/C17/E6-58-11-00.pdf” save=”1″]

Kesimpulan

Bioteknologi medis didefinisikan sebagai pemanfaatan sel hidup dan materi dalam sel untuk riset, diagnosis, pengobatan serta pencegahan serangan penyakit pada manusia. Cabang ilmu ini dikembangkan oleh ilmuwan bioteknologi dalam kegiatan penelitian medis. Kegiatan penelitian medis dapat dilakukan dalam skala industri atau skala kegiatan akademis. Contoh penemuan dibidang ini adalah insulin dan hormon pertumbuhan. Teknologi medik yang lebih modern seperti 3D bio-printer diharapkan mampu menghasilkan organ utuh dan fungsional untuk transplantasi dimasa depan. Selain itu, terapi gen juga diharapkan mampu mengobati penyakit yang bersifat inheretif.

Biology Philosopher

(Visited 1 times, 1 visits today)

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.