Teliti Dalam Memilih Project Freelance, Agar Tidak Merugikan atau Dirugikan

Advertisements

Kekurangan Duit Bukan Alasan Menjual Jasa Anda Terlalu Murah

Hal ini yang tejadi pada saya beberapa waktu lalu. Frustasi dengan isi rekening yang mulai meranggas, saya apply beberapa project freelance disalah satu situs broker freelancer terkemuka Indonesia.

Kesalahan saya seperti ini, Saya hanya membaca sekilas rincian yang diberikan project owner dan langsung memberikan bid yang kecil, Cuma Rp. 50,000.

Padahal pekerjaannya cukup rumit, memperbaiki formatting 20 artikel.

Nah, dengan alasan profesionalitas, project diatas tetap saya kerjakan. Harga ngga sebanding dengan reputasi saya yang jelek apabila saya tidak mengerjakan project tersebut dengan baik.

Nah, kira-kira ada 5 hal yang perlu jadi pertimbangan jika Anda ingin nge-bid project freelance dimanapun Anda berada dan apapun situs Freelance brokernya.

Rule #1 Baca dan Tanyakan Rincian Job Sebelum Nge-Bid

Sesuai pengalaman saya diatas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menanyakan rincian Project yang ditawarkan oleh pemilik project secara dengan lengkap.

Beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum menawar harga adalah sebagai berikut:

  • Tanyakan deadline pada pemilik proyek, hingga Anda dapat mengatur waktu Anda mengerjakan. Jika ternyata deadline dalam waktu yang sempit tapi pekerjaannya membutuhkan waktu, lebih baik Anda mencari proyek lain
  • Minta project owner menjelaskan lebih lanjut bahkan jika perlu mintalah contoh pekerjaan yang akan Anda kerjakan, jika memenangkan project tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengerti dan mampu merumuskan langkah-langkah yang akan Anda ambil setelah project freelance tersebut Anda menangkan

 

 

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: