Inhibisi

Jika tulisan adalah produk dari proses berpikir yang dikatalis oleh kreativitas dan kemampuan berpikir, maka ide dan pengetahuan kita adalah substratnya.

Substrat, katalis, dan produk.

Advertisements

Jika kata-kata diatas digunakan sebagai kata kunci pencarian di Google, maka hasilnya akan mengarah pada satu kata: Enzim, sang Protein biokatalis. Proses kreatif dibalik karya tulis dan reaksi biokimia adalah dua substansi yang berbeda. Namun, bisa direkayasa agar memiliki konteks yang sama.

Sekali lagi, tulisan adalah produk dari proses berpikir yang dikatalis oleh kreativitas dan kemampuan berpikir, maka ide dan pengetahuan kita adalah substratnya. Kongruen dengan konsep reaksi biokimiawi yang dikatalis oleh enzim: Senyawa A diubah menjadi B dengan bantuan enzim, yang mempercepat laju reaksi.

Kreativitas dan kemampuan berpikir analitik semacam kompleks enzim multi subunit. Ia adalah kesatuan yang terdiri dari bagian dengan fungsi yang berbeda. Kreativitas membuat analisa tidak lagi membuat alis mengkerut, sedangkan berpikir logis analitis membuat kreativitas jadi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Advertisements

Jika salah satu dari keduanya tidak berjalan dengan baik, sebuah tulisan tidak akan jelas maknanya. Lebih parahnya lagi, tulisan itu tidak akan pernah lahir. Orang-orang menyebut keadaan ini dengan writer’s block, sedang buntu, ah terserahlah.

Ada satu fenomena yang bisa jadi penyebab masalah di atas: Inhibisi.

Kinerja enzim bisa diinhibisi atau dihambat jika terlalu banyak inhibitor di lingkungan. Inhibitor enzim yang paling paten adalah substrat enzim itu sendiri, apabila jumlahnya lebih dari kapasitas sang enzim.

Persamaan enzim dan proses kreatifnya ada dimana?

Hei! Bukankah kadang-kadang tulisan tidak jadi rampung karena banyak kisah yang berebut ingin diceritakan? Bukankah banyak esai yang tak jadi disusun karena terlalu banyak data yang harus diinterpretasikan?

Hah! Sialan!!!

Advertisements

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.