Kenali Herbal Medicine di Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Advertisements

Misi UNEJ Mengenalkan Herbal Medicine Pada Masyarakat

Indonesia dengan potensi biodiversitasnya yang terbesar kedua setelah Brasil memiliki banyak kekayaan sumber daya alam, termasuk tanaman obat atau biasa dikenal sebagai herbal medicine. Pemanafaatan obat-obatan herbal telah dikenal secara empiris mampu menyembuhkan penyakit ringan seperti mual-mual hingga pengobatan kanker.

 

herbal medicine
Pintu depan Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember

Pengguaan tanaman herbal sebagai agen pengobatan penyakit ini sebenarnya sudah populer dikalangan masyarakat. Namun, pengetahuan akan ciri-ciri morfologi dan identitas lain dari herbal medicine ini tidak begitu dikuasai oleh masyarakat. Akibatnya masyarakat cenderung membeli produk jadi berharga mahal. Padahal, dari halaman belakang saja, dapat ditemukan banyak tanaman obat yang dianggap gulma seperti tapak liman, daun dewa liar serta patikan kebo.

Dari latar belakang diatas, Universitas Jember mengembangkan Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ sebagai tempat wisata keluarga dengan tujuan edukatif, yakni mengenalkan berbagai jenis herbal medicine asli Indonesia pada masyarakat

Letak dan Rute Menuju Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ terletak di Jubung, Jika Anda pernah kedaerah Perhutani Jember dan menemui atau bahkan mengisi bahan bakar di SPBU Jubung, Anda dapat dengan mudah menemukan rute lokasi WETO UNEJ Jubung tersebut.

nah, untuk mempermudah navigasi jika Anda ingin berkunjung di Wahana Edukasi berbasis herbal medicine UNEJ ini, Anda dapat menggunakan peta berikut:

herbal medicine
Peta Lokasi Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ Jika Anda ingin mengenal berbagai jenis herbal medicine asli Indonesia

 

Contoh-contoh Herbal Medicine Lokal Indonesia Koleksi  Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Koleksi-koleksi tanaman obat yang ada di  Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ (WETO UNEJ) antara lain Rumuk Daging atau Excoecaria bicolor yang memiliki khasiat meredakan disentri, sebagai obat luka dan terkenal sebagai obat herbal alami penghancur batu ginjal.

herbal medicine
Salah satu koleksi tanaman OBAT WETO Jubung UNEJ (Sumber Gambar: Dwi Blog)

Berikutnya adalah tanaman hias Lantana (Lantana camara) yang tak hanya cantik sebagai tanaman hias, namun juga memiliki potensi sebagai tanaman obat karena memiliki potensi sebagai obat luka bahkan dapat digunakan sebagai tanaman antikanker (Sumber Tanaman Obat PDF: Lantana camara FAO ).

Fasilitas Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Bukan hanya koleksi hidup tanaman-tanaman obat populer seperti kumis kucing dan tanaman obat lain yang diatur sedemikian rupa hingga menjadi mirip taman bunga cantik khas Eropa atau Jepang, WETO UNEJ juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap.

herbal medicine

Beberapa fasilitas seperti gedung yang didesain hingga mirip rimpang jahe, sebagai salah satu tanaman obat keluarga (TOGA), Wahana permainan anak untuk memeriahkan suasana saat ada kunjungan keluarga, serta pusat pengembangan dan penelitian tanaman obat untuk menguak lebih jauh potensi-potensi tanaman obat lokal Indonesia.

0 thoughts on “Kenali Herbal Medicine di Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d bloggers like this: