5 Alasan Kenapa Menulis di Coworking Space Itu Asyik

Meminimalisir distraksi adalah salah satu cara untuk tetap produktif menulis. Tempat umum seperti cafe atau restoran biasanya menjadi pilihan tempat kerja utama seorang penulis. Namun, terkadang suasana kedua tempat tersebut ramai dan mengganggu. Nah, jangan khawatir! Kini, sudah banyak Coworking space yang bisa menjadi opsi tempat kerja bagi seorang freelance seperti kita. Misalnya Coworking space Jakarta Selatan.

Coworking space adalah salah satu opsi tempat menulis favorit yang bisa jadi pilihan Anda. Tempat kerja bersama modern ini merupakan tempat yang didesain agar menjadi ‘kantor’ bersama bagi sebuah perusahaan atau perorangan. Tentu saja, minus distraksi berlebihan yang mengganggu konsentrasi Anda.

Konsep ruang kerja coworking space pertama Indonesia konon terletak di Bandung. Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2010, co-working space kini menjadi pilihan  perusahaan yang mencari opsi sewa kantor yang ekonomis namun lengkap fasilitasnya. Beberapa tahun terakhir ini, ruang kerja bersama ini dilirik para pekerja remote dan freelancer yang mencari suasana baru saat bekerja.

coworking space Jakarta Selatan
Coworking space dapat menjadi opsi menulis blog, buku, atau karya ilmiah. Terutama jika Anda tinggal di dekat coworking space. (pressfoto Рwww.freepik.com)

Okay, Anda pasti khawatir suasana coworking space tidak nyaman dan malah membuat Anda kurang menikmati hari Anda. Jika demikian, Kami akan memaparkan 5 alasan mengapa menulis di coworking space itu asyik.

5 Alasan Mengapa Co working Space Jadi Tempat Menulis Asyik

Suasana Kerja di Coworking Space Lebih Kondusif

Sesuai dengan namanya, coworking space atau ruang kerja bersama, maka hampir seluruh pengunjung bertujuan mengerjakan tugas kantor atau pekerjaan lepas mereka. Oleh karena itu, suasana di dalam tempat ini pasti sangat kondusif. Anda akan bebas dari pengunjung yang berisik dan membawa banyak teman seperti di cafe atau restoran. Hal ini bisa kamu temukan di beberapa contoh konsep Coworking space Jakarta Selatan.

Tata letak perabot di tempat ini juga tidak monoton seperti perpustakaan. Anda berbagai opsi jenis furnitur yang dapat Anda pilih. Mulai kursi sofa yang empuk dan nyaman, hingga kursi dan meja gaya cafe yang membawa suasana kasual dan santai. Andapun dapat menulis dengan baik dan optimal memanfaatkan waktu kerja.

coworking space jakarta selatan
Tata letak dan pencahayaan di co working space yang cozy dan membuat mood menulis stabil (Situs Resmi GoWork)

Kemungkinan Bertemu Teman atau Klien Baru

Bagi Anda yang berprofesi sebagai penulis profesional, tempat bisa saja tidak menjadi masalah bagi proses kreatif Anda. Namun, memanfaatkan layanan tempat kerja bersama ini dapat membuka kesempatan Anda untuk bertemu teman bahkan klien baru.

Sewa Ruang Kantor dan Coworking Space Jakarta Selatan
Menulis di coworking space memungkinkan Anda bertemu teman dan klien baru

Anda juga memiliki kesempatan untuk belajar dari pengunjung lain. Minimal, Anda bisa mengamati bagaimana seorang memanfaatkan waktu kerja mereka dengan baik. Hal-hal diatas belum tentu Anda dapatkan dari tempat-tempat lainnya. Jika dari pertemuan Anda dengan kolega baru memberi kesempatan untuk membuat tim penulis sendiri, beberapa coworking space juga memungkinkan Anda menyewa kantor untuk Anda dan tim penulis Anda. Misalnya, di daerah DKI Jakarta, Anda bisa sewa kantor Jakarta Selatan.

Mendapatkan Fasilitas dan Pelayanan yang Lengkap Nan Memuaskan

Co-working space memang dirancang untuk menyediakan tempat kerja yang nyaman dan kondusif. Jadi, Anda jangan khawatir. Harga yang Anda bayar akan memberikan Anda pelayanan dan fasilitas yang memuaskan. Beberapa masalah seperti tempat yang sempit hingga koneksi internet yang lelet adalah musuh penulis.

Ruang Kantor dan Coworking Space Jakarta Selatan
Fasilitas ruang kolaborasi ini sudah cukup lengkap. Anda tinggal duduk dan menikmati suasana sambil menulis

Masalah ini tentunya dapat dihindari di co-working space. Sebuah ruang kolaborasi minimal memiliki koneksi internet supercepat, colokan melimpah, kursi ergonomis, makanan dan minuman, serta beberapa tambahan lain seperti printer, lounge dsb. Fasilitas tersebut tentu akan menyokong kebutuhan Anda untuk mencari ide dan menuangkan ide tersebut dalam bentuk tulisan.

Anda Dapat Mengoptimalkan Waktu Anda

Tidak seperti cafe atau restoran populer, jam operasional ruang kolaborasi umumnya terbatas. Anda juga perlu Ingat, Anda perlu membayar untuk menggunakan co working space. Membuang-buang waktu sama dengan membuang uang Anda.

Coworking Space di Jakarta Selatan
Anda dapat lebih menghargai waktu saat menyelesaikan pekerjaan menulis Anda di coworking space

Nah, Anda dapat memanfaatkan batasan ini untuk belajar mengelola dan mengoptimalkan waktu Anda. Anda jadi tidak bisa bermalas-malasan dan menghabiskan waktu Anda untuk hal yang tidak produktif. Pastikan Anda telah membuat jadwal kegiatan saat menulis di sebuah ruang kerja bersama.

Dengan demikian, pekerjaan menulis Anda akan lebih rapih dan waktu serta uang Anda tidak terbuang sia-sia.

Coworking Space Menjanjikan Lingkungan Kerja yang Dinamis

Menulis di rumah umumnya terlalu monoton dan sepi. Menulis di cafe atau restoran terlalu ramai dan kadang fasilitasnya kurang menunjang proses kreatif. Menulis di kantor bisa jadi menjemukan dan membuat Anda lelah.

Coworking Space di Jakarta Selatan
Coworking space adalah ruang kreatif yang tidak membosankan

Nah, seperti pemaparan-pemaparan diatas, coworking space menjanjikan suasana kerja yang nyaman namun cukup serius. Tata ruang yang unik, fasilitas yang excellent, serta interaksi pengguna yang tidak terlalu ramai akan membuat Anda lebih lancar menulis. Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan mood Anda dan dapat menulis dengan baik dan tenang.

Leave a Comment