Cara Menulis Artikel SEO Friendly di WordPress

Menulis artikel ilmiah dalam format ringan dan populer adalah skill tambahan bagi seorang ilmuwan dan akademisi. Kemampuan ini memungkinkan tersebarnya suatu informasi dengan baik dan mudah mengerti pesan yang disampaikan. Selain gaya penulisan yang ringan dan mudah dimengerti, implementasi teknik SEO (search engine optimization) juga krusial dalam proses penulisan sebuah artikel ilmiah populer.

Teknik SEO memungkinkan Anda mencapai pembaca yang lebih luas dan memudahkan para pencari informasi menemukan artikel Anda. Implementasi SEO pada artikel ilmiah seringkali tidak alami hingga dianggap akan merusak esensi dan gaya bahasa pada artikel SEO friendly tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah dan cara menulis artikel ilmiah populer yang SEO friendly pada blog yang berbasis WordPress self-hosted.

Advertisements

Kunci Persaingan di Hasil Pencarian Google : Relevansi dan Mudah Dibaca

Algoritma mesin pencari Google selalu berubah, hal ini mengakibatkan SEO terus berkembang. Teknik yang dulu dianggap efektif dapat usang dalam waktu singkat. Namun, kunci utama dari SEO esensinya adalah memberikan sebuah bahan bacaan yang relevan, mudah dimengerti dan diakses oleh pembaca. Jika Anda terbiasa menulis artikel sains populer dengan story telling yang baik, maka secara otomatis artikel Anda telah SEO friendly.

Berikut beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan agar artikel Anda menarik dan mudah dipahami :

  • Hindari menggunakan kata yang susah dimengerti. Cari padanan kata yang lebih populer. Jika tidak bisa dihindari, berikan definisi singkat untuk memudahkan pembaca mengerti arti kata tersebut
  • Gunakan kalimat yang padat hingga paragraf yang ditulis tidak terlalu ‘gendut’. Artikel dengan paragraf yang ‘gendut’ akan membuat pembaca bosan. Tulislah ide atau gagasan Anda maksimal 6-7 kalimat saja
  • Artikel ilmiah yang bersumber dari jurnal umumnya susah dipahami pembaca awam. Oleh karena itu, sebisa mungkin mengedepankan hal menarik dari artikel tersebut. Misalnya urgensi pada kehidupan dan fakta-fakta unik pada artikel tersebut.

Teknik-teknik lain menulis artikel sains populer dapat Anda baca di : 11 Tips To Write Popular Science Articles

Advertisements

Cara Menentukan Keyword, Meriset Keyword dan Menggunakannya Pada Artikel Sains Populer

Keyword dalam konteks ini adalah sebuah kata atau kalimat pendek yang menjadi target pencarian di mesin pencari. Memasukkan keyword dalam artikel yang Anda tulis akan memudahkan pembaca menemukan artikel Anda.

Jadi, bagaimana cara menentukan keyword yang relevan dengan artikel yang sedang Anda tulis?

Menemukan Keyword Relevan dengan Bantuan ‘Penelusuran Terkait’ di Google dan Cara Menggunakannya

Cara pertama dan paling simpel dalam menemukan keyword yang relevan dengan artikel Anda adalah menggunakan Google. Berikut caranya

  • Ketikkan tema artikel Anda. Misalnya, Anda akan menuliskan ‘Penyebaran bakteri patogen’, masukkan keyword tersebut pada mesin pencari Google
  • Google akan otomatis menampilkan keyword terkait tema Anda yang banyak dicari pembaca
riset keyword untuk artikel ilmiah populer
Keyword relevan yang ditunjukkan mesin pencari google
  • Catat atau copy paste kumpulan keyword tersebut pada notepad atau word editor lainnya
  • Gunakan keyword-keyword tersebut pada artikel Anda secara alami. Misalnya gunakan keyword ‘bakteri patogen adalah’ dan ‘contoh bakteri patogen’ pada pembuka artikel Anda.

Berikut contoh penggunaannya dalam artikel :

riset keyword
Penggunaan keyword pada artikel ilmiah

Anda dapat mencari keyword lain yang relevan dengan bagian pembahasan dalam artikel tersebut. Dalam prosesnya, pencarian keyword ini juga dapat menjadi brainstorming yang membantu Anda menemukan ide untuk menjelaskan dan memperkaya gagasan yang sedang Anda tulis.

Cara Menulis Artikel Ilmiah SEO Friendly di WordPress

Cara Menulis Artikel Baru di WordPress

  • Login dengan menggunakan username dan password Anda
  • Jika berhasil, maka Anda akan diarahkan ke Dashboard WordPress
  • Klik sidebar > Post > Add new atau pada menu Bar > + New > Post
  • Mulailah mengetik judul dan mengisi badan artikel sesuai kehendak Anda
menulis artikel di wordpress
Rincian Dashboard blog berbasis WordPress

Menginstall dan Menggunakan Yoast SEO Plugin

WordPress memiliki tool bernama Yoast SEO untuk membantu Anda menulis artikel yang SEO friendly. Jika pada blog Anda belum terinstall, Anda dapat menginstallnya di halaman Plugin atau minta Webmaster Anda untuk memasangkan plugin tersebut. Anda tinggal menulis artikel Anda terlebih dahulu lalu cek SEO artikel Anda pada bagian bawah Post Editor :

menulis artikel ilmiah SEO friendly dengan bantuan YOAST SEO plugin
menulis artikel ilmiah SEO friendly dengan bantuan YOAST SEO plugin

Penggunaan plugin ini sangat mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang disarankan oleh Plugin YOAST SEO hingga indikatornya berubah dari Orange (OK) menjadi Hijau (Baik).

Mengoptimalkan Tampilan Hasil Pencarian di Google (Snippet)

Beberapa poin yang diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Pastikan keyword utama ada di dalam judul artikel Anda pastikan tidak lebih dari 70 huruf agar seluruh judul terlihat di Google.
  • Siapkan abstrak artikel sepanjang maksimal 20 kata. Masukkan keyword utama pada abstrak tersebut. Masukkan abstrak atau Description ini pada kotak Meta Description Yoast SEO
  • Gunakan keyword utama Anda atau variasinya sebagai URL artikel Anda. Dengan demikian, artikel Anda akan mudah diakses dan dikenali pembaca

Perhatikan gambar berikut :

menulis artikel ilmiah SEO friendly dengan bantuan YOAST SEO plugin
menulis artikel ilmiah SEO friendly dengan bantuan YOAST SEO plugin

Langkah diatas adalah upaya untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan di halaman Google (Snippet). Berikut contoh Snippet yang baik :

snippet artikel yang baik
snippet artikel yang baik

Gunakan Heading (H2-H4) Sebagai Sub-section Artikel Anda

Tujuan pemberian heading adalah untuk memberi gambaran isi dari section dalam artikel Anda. Biasanya heading artikel hanya di-bold saja untuk membedakan dengan paragraf biasa. Namun, dengan memberi tag heading, artikel Anda akan lebih mudah dikenali oleh Google.

Berikut cara memberi heading pada artikel Anda :

  • Tulislah kalimat heading Anda terlebih dahulu. Jika memungkinkan, tambahkan keyword utama atau keyword lain yang relevan
  • Double klik bagian tersebut hingga terblock seluruhnya
  • Toolbar, klik dropdown menu “Format”, pilih format “Heading H2” atau heading lainnya tergantung kebutuhan Anda

artikel ilmiah seo friendlyMenambahkan Inbound dan Outbound Link

Outbound link adalah link yang menuju ke website yang Anda jadikan acuan penulisan, sedangkan inbound link adalah link menuju artikel terkait dalam website Anda yang relevan. Tujuan mencantumkan keduanya adalah untuk memudahkan pembaca mendapatkan informasi tambahan dan tentu saja, mengoptimalkan SEO artikel Anda.

Berikut cara menambahkan inbound dan outbound link pada artikel Anda

  • Block kalimat yang ingin Anda jadikan anchor text. Usahakan anchor text tersebut berisi kalimat yang memiliki keyword dan relevan dengan isi artikel yang tertuju
  • Klik icon Link di menu text editor wordpress Anda dan paste-kan url link tersebut lalu tekan enter
 
cara menambahkan link pada artikel
cara menambahkan link pada artikel

Menambahkan Gambar, Caption dan Alternative Text

Tujuan dari gambar adalah untuk memberi ilustrasi pada pembaca, dengan demikian, penjelasan akan lebih mudah dimengerti. Pembubuhan alternative text kurang lebih untuk membantu search engine Google mengenali gambar tersebut.

Berikut cara menambahkan gambar dan membubuhkan caption serta alt-text pada artikel Anda.

Upload Gambar di WordPress dan Menambahkan Caption dan Alt-text di Posting

Menambahkan Kategori dan Mengelompokkan Artikel Anda

Mengelompokkan artikel Anda dalam kategori tertentu akan memudahkan pembaca menemukan info lain. Hal ini juga membantu merapikan blog dan navigasi blog Anda agar mudah dikunjungi oleh visitor. Berikut cara menambahkan kategori sekaligus cara mengelompokkan artikel Anda pada kategori tertentu. Untuk artikel sains, gunakan bidang ilmu dan turunannya sebagai kategori di blog Anda.

cara menambahkan kategori baru
cara menambahkan kategori baru

Menambah Tag “Read More”/Excerp

Tujuan menambahkan tag “Read more” adalah memberi exerp pada artikel Anda. Hingga bagian Home Page blog Anda rapi. Pada beberapa tema wordpress, exerp ini telah dibuat secara otomatis dengan memotong bagian awal dari artikel Anda. Berikut cara menambahkan tag “Read More” :

  • Letakkan kursor pada bagian awal artikel Anda
  • Klik icon “read more” pada menu editor
Menambahkan excerp/ read more tag pada artikel
Menambahkan excerp/ read more tag pada artikel

Cara Menambah Description di Postingan WordPress

Anda dapat menambahkan meta description dengan bantuan SEO Yoast. Silahkan scroll down hingga Anda menemukan box “Yoast SEO”.

Siapkan metadescription sepanjang 15-20 kata, jangan lupa masukkan kata kunci. Meta Description dapat berupa rangkuman atau teaser artikel Anda.

Anda bisa melihat animasi berikut untuk menambahkan description yang telah Anda buat:

cara menulis artikel di wordpress
Cara menambahkan meta description di Yoast SEO

Oh, iya. Jika indikator dari Yoast SEO-nya berubah merah, berarti meta description Anda terlalu panjang/pendek. Perbaiki lagi hingga indikator berubah hijau.

Menambahkan Category dan Tag

Kategori dan penanda dapat membantu pengunjung situs menemukan artikel yang sedang Anda tulis, atau artikel lain yang terkait. Istilah kerennya, kedua fitur tersebut memudahkan navigasi pengunjung.

Idealnya, Category dari sebuah blog/situs sains disusun sesuai bidang/cabang ilmu terkait. Misalnya, pada situs mikrobio.net, saya mengelompokkan artikel sesuai cabang ilmu mikrobiologi.

Kelompokkan artikel maksimal 3 kategori saja. Agar lebih spesifik dan tidak membuat pengunjung dan crawler tidak bingung.

Nah, setelah Anda menentukan kategori untuk artikel Anda, silahkan menuju menu pada bagian kanan dan scroll category. Langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:

cara menulis artikel di wordpress
Cara menambahkan category dan tag pada artikel Anda

Meninjau Ulang Artikel yang Anda Tulis

Sebelum memublikasikan postingan Anda, pastikan tidak ada salah ketik atau salah ejaan di artikel Anda. Oleh karena itu, tinjau ulang artikel Anda sebelum di-publish.

Anda bisa memanfaatkan fitur “Preview” artikel di WordPress untuk melihat tampilan artikel Anda. Perhatikan ilustrasi berikut:

  1. Klik tombol preview di bagian kanan atas dashboard WordPress Anda
  2. Pilih jenis tampilan yang Anda inginkan. Sebaiknya, gunakan tampilan Desktop agar Anda bisa menemukan kesalahan penulisan dengan baik
  3. Klik “Preview in new tab” untuk menampilkan artikel Anda pada tab baru.
  4. Temukan kesalahan-kesalahan penulisan dan ejaan, kemudian perbaiki lagi di post editor.

Nah, setelah Anda selesai meninjau dan memperbaiki kesalahan penulisan dalam artikel Anda, langkah selanjutnya adalah memublikasi artikel Anda.

Mempublikasikan Artikel yang Baru Anda Tulis

Setelah Anda puas dengan postingan yang Anda tulis, Anda bisa langsung mempublikasikannya. WordPress memberikan tiga opsi publikasi artikel:

  1. Public: Seluruh pengunjung situs dapat membaca artikel ini
  2. Private: Hanya Admin dan editor yang bisa membacanya
  3. Terproteksi password: Anda bisa memberi password pada artikel Anda dengan opsi ini. Postingan ini hanya bisa dibaca oleh orang yang mengetahui password.

Setelah Anda menentukan visibilitas artikel Anda, publikasikan artikel tadi dengan menekan tombol “Publish”. Perhatikan animasi dibawah ini:

Menerbitkan Artikel Sesuai Jadwal Tertentu

Opsi ini bisa Anda gunakan jika Anda memiliki banyak artikel dan Anda ingin mempublikasikannya sesuai jadwal yang Anda buat.

memublikasikan artikel sesuai jadwal di wordpress
  1. Pada opsi “Publish”, klik link “Immediately”. Sebuah pop-up kalender dan pengatur waktu akan muncul
  2. Pilih tanggal dan waktu sesuai jadwal yang Anda mau
  3. Klik tombol “Publish” dan tunggu hingga artikel tersebut diterbitkan otomatis oleh WordPress sesuai jadwal yang Anda atur.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly di WordPress

Time needed: 2 hours.

Penulisan artikel yang SEO friendly memudahkan calon pembaca menemukan Artikel Anda. Oleh karena itu, artikel Anda harus memiliki kata kunci yang sering dicari dan memiliki kualitas serta struktur yang baik.

Nah, berikut kesimpulan dan ringkasan dari artikel Cara Menulis Artikel Ilmiah SEO Friendly di WordPress ini

  1. Cara Menulis Artikel Baru di WordPress

    Login ke Dashboard wordpress. Klik sidebar > Post > Add new atau pada menu Bar > + New > Post

  2. Melakukan Riset Kata Kunci

    Temukan kata kunci yang berkaitan dengan artikel Anda. Anda bisa menggunakan Google search dan lihat kata kunci terkait pada bagian “Searches related to …..” di bawah hasil pencarian.
    Masukan kata kunci terkait tersebut pada artikel Anda secara alamiah.
    riset keyword untuk artikel ilmiah populer

  3. Gunakan Heading (H2-H4) Sebagai Sub-section Artikel Anda

    Tulislah kalimat heading Anda terlebih dahulu. Jika memungkinkan, tambahkan keyword utama atau keyword lain yang relevan. Double klik bagian tersebut hingga ter-block seluruhnya. Klik dropdown menu “Format”, pilih format “Heading H2” atau heading lainnya tergantung kebutuhan Anda

  4. Tambahkan Inbound dan Outbound Link

    Tambahkan link salah satu artikel yang sama temanya dengan artikel yang Anda tulis. Link ini harus dalam bentuk anchored text yang menuju salah satu artikel di website Anda (inbound link) dan situs yang Anda kutip sebagai sumber penulisan (outbound link).

    Tujuannya adalah untuk membantu pembaca menemukan penjelasan atau topik yang berkaitan dengan artikel yang Anda tulis.

  5. Tambahkan Ilustrasi yang Berkaitan dengan Artikel Anda

    Tambahkan gambar, foto, grafik, atau ilustrasi lain untuk memudahkan pembaca mengerti artikel Anda. Jangan lupa tambahkan alt-text pada ilustrasi tersebut.

  6. Tambahkan alt text pada ilustrasi tersebut

    alt-text adalah deskripsi singkat yang menggambarkan topik utama dari isi ilustrasi yang Anda gunakan. Alt-text yang SEO friendly biasanya tidak lebih dari lima kata dan harus mengandung kata kunci target.

    Tambahkan alt-text saat proses upload gambar/ilustrasi selesai. Jadi, Anda tidak perlu menambahkan lagi jika gambar tersebut akan Anda gunakan lagi.
    cara menulis artikel SEO friendly di wordpress

  7. Kelompokkan artikel dalam kategori dan tag yang sesuai

    Jika Anda memiliki banyak artikel, kelompokkan artikel tersebut dalam kategori dan tag yang sesuai dan berkaitan. Hal ini akan membantu pembaca menemukan artikel lain dalam situs Anda yang bermanfaat bagi mereka.

  8. Cek Skor SEO dan perbaiki sesuai saran dari YOAST SEO Plugin

    Setelah menulis, masukkan keyword target hasil riset kata kunci Anda. Yoast SEO akan menampilkan skor SEO dan hal-hal yang harus Anda perbaiki.

  9. Koreksi Artikel Anda

    Periksa typo, struktur kalimat, dan kesalahan penulisan dan formatting lain.

  10. Tambahkan tag button read more

    Tidak semua tema wordpress memiliki fitur pemotong tulisan pada halaman depan situs. Jadi, bisa saja artikel Anda akan ditampilkan utuh pada halaman depan blog. Jadi, tambahkan tag “read more” agar WordPress tidak menampilkan bagian artikel setelah tag tadi.

  11. Publish artikel Anda

    Klik tombol “terbitkan” atau “publish” pada sidebar sebelah kiri untuk menerbitkan artikel yang Anda tulis

  12. Submit URL Artikel ke Google dan Bing

    Pastikan artikel Anda di-index oleh Google dan Bing. Submit artikel Anda dengan memasukkan URL artikel tadi melalui Search Console (URL Inspection tool Google) dan Bing Webmaster.

Advertisements

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.