Cara Install iPusnas di Laptop MacBook

Advertisements

iPusnas adalah versi digital dari Perpustakaan Nasional Indonesia dalam bentuk aplikasi. Aplikasi iPusnas dapat Anda install di handset dengan sistem operasi android maupun iPhone. Jadi, Anda bisa membawa kemana saja perpustakaan nasional tanpa dibebani gedung beribu ton. Nah, pada kali ini, akan dibahas bagaimana cara install iPusnas di laptop MacBook si Panda (suami saya :v).

Aplikasi ini bisa jadi solusi untuk Anda yang belum sempat membeli buku di toko buku online kesayangan Anda, @markasbuku. Koleksinya juga banyak dan beragam. Saya sendiri sudah menggunakan aplikasi ini. Namun, saya kurang suka membaca buku di handphone. Terlalu kecil tulisannya, membuat mata saya sakit!

Alasan tersebut yang akhirnya membuat saya mencari cara install iPusnas di Desktop. Artikel ini adalah artikel ketiga dari seri “Tutorial IT” yang saya tulis sebelumnya.

Cara Install iPusnas di Laptop MacBook

1. Download installer aplikasi iPusnas

Aplikasi perpustakaan digital ini bisa Anda download di situs resmi iPusnas yakni https://ipusnas.id. Terdapat tiga versi aplikasi yang tersedia: iPusnas untuk iOS, Android, dan MacOS. Iya, sayang sekali belum ada app iPusnas versi Windows dan Linux. Padahal, kedua sistem operasi tersebut lebih banyak pemakainya dibanding MacOS.

Nah, versi iOS bisa Anda install langsung di App Store, begitu pula versi Android. Anda akan dialihkan menuju Play Store. Untuk MacOS, file installer dmg akan otomatis terdownload setelah Anda mengklik icon Desktop pada laman depan situs iPusnas.

aplikasi ipusnas
Laman depan iPusnas

2. Instalasi Aplikasi iPusnas di MacOS

Setelah file dmg Anda terdownload sempurna, double click file tersebut. Anda hanya perlu menggeser Aplikasi iPusnas dalam file dmg ke folder Applications seperti gambar berikut:

cara install iPusnas di Macbook
Drag aplikasi iPusnas ke dalam folder Applications untuk menginstallnya

Nah, setelah file aplikasi tersebut berhasil dipindahkan, Anda tinggal mencarinya menggunakan Spotlight search (Command+spacebar). Lalu tekan enter untuk menjalankan aplikasi iPusnas di Macbook Anda:

cara menjalankan iPusnas di Macbook
Cari dan jalankan iPusnas dengan menggunakan Spotlight Search

Jika aplikasi ini tidak mau dibuka, Anda hanya perlu mencari Security & Privacy di setting lalu centang opsi “Allow apps downloaded from” App Store and identified developers.”.

Jika aplikasi Anda berhasil diinstal, iPusnas akan terbuka seperti gambar berikut:

cara install iPusnas
Laman muka aplikasi iPusnas

3. Meminjam dan Mendownload Ebook di iPusnas

Selanjutnya, Anda tinggal mengklik menu hamburger (tiga garis sejajar) di bagian kiri atas dan masuk ke akun iPusnas Anda. Setelah mendaftar, cek email untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda.

Nah, kini, Anda dapat mencari buku yang ingin Anda baca dan mendownloadnya ke laptop Mac Anda. Lalu klik tombol “Pinjam Buku”.

cara download ebook di iPusnas
meminjam buku di iPusnas

Jika Anda berhasil, maka akan muncul pop-up seperti dibawah ini:

cara pinjam buku di iPusnas
Anda berhasil pinjam buku di iPusnas

Klik tombol “Baca Buku” dan aplikasi akan mendownload buku dalam bentuk PDF ke laptop Mac Anda. Tentu saja, Anda hanya bisa membaca ebook pdf tersebut dari aplikasi iPusnas!

membaca buku di iPusnas
Membaca buku di iPusnas

4. Cara Mengembalikan Buku yang Sudah Anda Baca di iPusnas

iPusnas bukan sekedar aplikasi pembuka ebook biasa. Ia mengadopsi sistem perpustakaan konvensional: Jumlah buku terbatas dan Anda harus mengembalikan ebook yang sudah Anda download agar dapat dibaca orang lain. Jika buku tersebut tidak dikembalikan, orang lain harus mengantri selayaknya perpustakaan fisik.

Sayangnya, aplikasi versi Desktop iPusnas ini belum disempurnakan. Saya belum menemukan tombol atau menu mengembalikan buku di aplikasi iPusnas ini. Semoga pengembang aplikasi iPusnas Desktop segera mengembangkan dan menambah menu mengembalikan buku pada versi yang akan datang!

Incoming search terms:

2 thoughts on “Cara Install iPusnas di Laptop MacBook”

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: