Butterfly Effect : Menjelaskan Isi Nasehat Mbak Ira

Advertisements

Mbak Ira itu umi saya, yang genit dan manja. Kami sering bertengkar parah, tapi tak lama. Cukup saling lempar kucing, lalu kami terbahak bersama lagi.

Mbak Ira sering menasehati saya, terutama jika saya menunjukkan sikap asosial.

Iya lebih suka diam, acuh dan cemberut saat ada manusia mendekat adalah sikap default saya.

Begini percakapan saat itu :

Saya : …. ‘kan kalau bersikap manis itu namanya palsu, Umi. Sudah tahu lagi gak enak hati, masak mau bersikap sok manis. Senyam-senyum -_-‘

Mbak Ira : nggak juga sayanggg, kalau kamu membuat orang lain tidak nyaman dengan sikap kamu yang dingin, kamu bakal dua kali gak enak. Karena mereka
akan menunjukkan sikap yang sama, bahkan lebih juteekkk!

Saya : hmmmm yayayaya -_-‘

 

Iya, umi saya tahu secara empiris, apa itu butterfly effect.

Jadi begini,

Butterfly effect itu kemungkinan berasal dari pola migrasi Monarch Butterfly, pergerakan seekor kupu-kupu Monarch akan memicu jutaan ekor lain. Atau pergerakan serentak sekelompok burung di Cina, konon bisa memicu badayyy!!

Ah, ngaco~

Nggak, jadi Butterfly Effect itu berasal dari Chaos theory, cabang ilmu matematika yang mempelajari sistem pergerakan alam yang sangat bergantung pada perubahan. Butterfly effect adalah salah satu teori yang mendemonstrasikan bagaimana satu perubahan kecil dapat menghasilkan luaran yang signifikan. Ya, seperti pergerakan burung dan migrasi kupu-kupu Monarch tadi~ (lha, kok bener?).

butterfly effect adalah
definisi butterfly effect Butterfly Effect. (n.d.). In Alleydog.com’s online glossary. Retrieved from: https://www.alleydog.com/glossary/definition-cit.php?term=Butterfly+Effec

Jadi, sedikit saja muka dingin dan sikap kurang menyenangkan yang kamu tunjukkan pada orang lain, akan berdampak lebih destruktif pada dirimu.

Lalu, semua feedback negatif yang orang lain padamu akan menjerumuskanmu lebih dalam.

Jadi, bersikap manis itu bukan untuk memalsukan isi kepala dan menyenangkan orang lain. Bersikap manis lebih pada melindungi dirimu dari destruktifnya sikap orang-orang yang kau buat tak nyaman.

Pertanyaannya adalah, apakah saya mampu memasang ‘topeng’ itu untuk menghindari tenggelam lebih dalam?

Bodo, I’m a black hole~

(Visited 3 times, 1 visits today)

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.