Memanusiakan Manusia: Esensi Menjadi Seorang Blogger Profesional

Advertisements

Memanusiakan Manusia: Esensi Utama Seorang Blogger – Ada satu hal yang terus membekas dalam ‘hati’ saya dari matakuliah ‘Ilmu Sosial dan Budaya’.

Begini, dawuh dosen saya saat itu,

Sebagai makhluk sosial, seorang manusia hendaknya memanusiakan dirinya sendiri dan manusia yang lain.

Setidaknya saya bisa mengambil tiga makna dari kalimat tersebut:

  1. Pertama manusia harus mencari ilmu pengetahuan, untuk memperbaiki kualitas hidup dan mengangkat derajatnya baik dimata Tuhan YME atau dimata manusia yang lain.
  2. Kedua manusia yang sudah berilmu dan memiliki derajat yang baik, harus mau membagikan ilmunya pada manusia yang lain, agar mereka juga mampu melakukan yang serupa.
  3. Ketiga seorang manusia, hendaknya tidak melakukan tindakan yang merugikan dan merendahkan manusia lain.

Okay, sekarang apa hubungan ‘memanusiakan manusia’ dengan aktivitas anda dan saya sebagai seorang blogger?

Well..

Justru dengan mengimplementasikan tiga prinsip memanusiakan manusia tersebut justru harus anda pegang erat jika Anda ingin menjadi blogger professional!

Bingung? Atau, anda tidak percaya?

Pada artikel ini kita hanya akan fokus pada bagaimana melatih mindset kita agar dapat menjadi blogger yang lebih baik, dengan memanusiakan manusia.

well, setelah anda rampung membaca artikel ini, anda dapat mempelajari setidaknya tiga kunci utama menjadi seorang blogger yang sukses.

It is nothing complicated like SEO or blahblahblah

Kita hanya akan sedikit mereview, apakah niat kita sudah baik dan blogger professional banget, atau hanya menjadi hamba algoritma google.

#1 Memanusiakan Diri Sendiri

Poin pertama yang harus diimplementasikan dalam diri adalah memanusiakan diri sendiri.

nah, kita ‘kan sudah manusia? kenapa harus ‘memanusiakan diri sendiri?’

Mari kita telusuri lebih dalam, apa itu manusia, berdasarkan terminologi biologi. Jadi kita bisa lebih memahami, apa arti manusia itu sendiri.

Manusia, nama ilmiahnya adalah Homo sapiens sapiens. Anda pasti pernah mendapatkan informasi tenang istilah tersebut dipelajaran sejarah atau biologi.

Artinya adalah manusia yang berakal dan berbudi luhur. Jadi, seorang yang benar-benar ‘manusia’, adalah mereka yang memiliki dan menggunakan akal pikirannya dengan menjunjung tinggi sikap yang luhur.

Memiliki akal dan pikiran yang tajam saja tidaklah cukup, Anda harus terus belajar dan mengevaluasi diri agar pikiran Anda tidak tumpul.

blogger yang baik
Blogger yang baik akan selalu memperbaiki diri dan belajar

Anda juga harus berpikir kreatif, karena kreativitas itu tidak seperti buku yang isinya ‘hanya’ fakta yang kaku. Kreativitas akan selalu membawa hal yang baru, termasuk jalan menuju rejeki baru.

Menjadi seorang blogger profesional pun begitu,

Anda harus terus memperkaya pengetahuan sesuai niche blog Anda agar Anda dapat menyajikan artikel atau konten lain yang bermanfaat dan kaya informasi.

Selain itu, Anda harus mempelajari jamu seperti SEO, konten marketing, dan optimasi lain supaya blog atau website Anda lebih powerfull dimata mbah Google.

Untuk membungkus pengetahuan yang telah anda dapat dan urusan teknis seperti SEO dibutuhkan kreativitas, agar konten yang anda buat tidak terlalu aneh dan malah membuat anda tidak manusiawi.

menjadi blogger profesional
Kucing saja mau belajar, masak anda tidak?

Kenapa?

Karena konten kaya yang terlalu teknis, akan membuat Anda (well, maksud saya, tulisan anda) nampak seperti robot yang menulis, bukan seorang Homo sapiens sapiens lagi!

#2 Memanusiakan Orang Lain dengan Berbagi Ilmu

Seingat saya, kegiatan ngeblog empat sampai lima tahun lalu itu ga lebih dari naruh catatan harian model baru, galau online dengan nulis puisi, jadi media publishing gratis, buang sampah pikiran, sampai hanya asal ikut-ikutan.

Tapi seiring dengan berkembangnya internet, terimakasih pada internet provider yang makin murah menyediakan paketan internet, blogging sudah jadi life style.

Ada juga yang malah membuat blogging sebagai mata pencaharian. Meski saya lebih suka memanggil blogger tipe ini dengan Publisher, karena mereka tidak mementingkan isi konten, yang penting dolar lancar, beres.

Meski tidak sedikit publisher profesional yang bisa mengalirkan dollar dengan deras tapi kontennya bermanfaat dan blogger banget. Publisher proffesional ini yang patut disebut sebagai contoh blogger manusiawi yang mampu memanusiakan yang lain.

Sebagai contoh, saya akan mereview sedikit tentang salah satu blog dengan penghasilan terbesar, WPBeginner. Blog milik blogger Syed Balkhi ini merupakan blog yang didedikasikan pada pemula yang ingin belajar mengkostumisasi blog berbasis wordpress.

Jika anda membaca artikel dari WPBlogger, anda akan menemukan artikel yang mirip instruksi tertulis, singkat. padat, dan efektif. Hingga anda benar-benar menemukan penyelesaian dari masalah yang anda hadapi.

blog berpenghasilan besar
WPBeginner, salah satu blog berpenghasilan terbaik yang memiliki konten asyik

Oh, iya, sehari, blog WPBeginner mampu menghasilkan $500 perhari. Jumlah yang sangat sedikit dibandingkan manfaat yang dapat diambil dari blog tersebut.

Bukan hanya mendapatkan keuntungan material dan pahala dari ilmu yang anda bagikan, menjadi seorang blogger profesional juga akan membuat anda mudah mendapatkan ilmu dari pihak lain yang membaca artikel berkualitas anda.

Misalnya begini,

Ketika anda berusaha menulis dan berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat obat mata dari bahan alami, maka saat terjadi reaksi alergi pada salah satu pembaca anda, maka ia akan menginformasikan hal tersebut sebagai feedback. Kemudian feedback tersebut dapat membantu anda memperkaya konten tersebut.

blogger yang baik
Blogging membuka ruangan untuk saling menginspirasi satu sama lain (sumber gambar: http://info.talkonomy.com/)

# 3 Memanusiakan Orang Lain dengan Tidak Merugikan Mereka

Ada banyak hal lumrah yang merugikan orang lain di-dunia blogging :

  1. Copas mengopas, apalagi berita viral
  2. Menggunakan spinner dan AGC
  3. Memasang iklan yang menyebalkan
  4. Menyebar Gosip dan Hoax

Tiga hal yang saya anggap merugikan dan tidak profesional itu benar-benar merugikan orang lain.

#1 Jangan Ada Copas Diantara Kita!

Masalahnya begini,

Misalnya dalam kasus copy paste yang tidak beretika, bayangkan anda membuat dan menulis satu artikel dan mengoptimalisasi artikel tersebut dengan sepenuh hati. Setelah artikel tersebut rampung, anda membagikannya kepada masyarakat.

Kemudian seminggu dua minggu anda menemukan blog orang lain yang menerbitkan artikel anda tanpa ijin dan tanpa menyertakan anchor text ke artikel anda sebagai sumber.

blog copas
Jangan ada copas diantara anda, dia, dan saya

Anda pasti marah-marah dan menyebarkan sang copaser, bahkan mungkin mengutuknya.

Nah, langkah yang diambil oleh sang copaser adalah salah satu langkah yang tidak memanusiawikan anda. Bayangkan, betapa jahatnya anda jika anda melakukan hal tersebut pada orang lain.

# 2 Auto Generated Crime!!!

Lalu bagaimana dengan AGC? Sama saja, hal tersebut merugikan dan tidak terpuji.

Bukan karena sembarangan nyolong artikel orang lain, AGC juga membodohi pengunjung yang benar-benar ingin mencari informasi yang relevan. Kuota dan waktu yang ia punya jadi terbuang sia-sia.

Itu dari sisi visitor yang datang mencari informasi. Belum lagi dari sisi blogger yang dirugikan karena kontennya dicuri begitu saja. Jika authority dari website asli kalah dengan sang AGC, bisa-bisa dia yang dianggap plagiat oleh mbah Google, dan peringkat di SERP akan melorot.

# 3 Tajuknya sih, Website Informasi, Tapi Isinya Iklan Semua

Aktivitas blogger lain yang merugikan adalah blog yang terlalu banyak memasang iklan. Bukan hanya mengganggu kenyamanan pembaca karena banyak iklan yang menutupi konten. Iklan yang berlebihan juga bisa menyedot kuota pengunjung blog anda.

blog jelek
Iklan yang menutupi konten: Merugikan karena menghabiskan kuota dan mengganggu kenyamanan pembaca

Pengunjung blog anda rugi, dan anda mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Lalu apa bedanya anda dengan bakteri patogen yang merugikan kesehatan?

# 4 Menyebar Gosip, Hoax dan Berita Sampah

Umumnya netizen dibagi menjadi dua jenis (setidaknya dalam versi saya).

Pertama, mereka yang suka sekali memanfaatkan kepedulian, rasa ingin tahu, dan keisengan seseorang akan suatu berita untuk mendapatkan keuntungan dari postingan blognya.

Kedua, mereka yang suka membagikan berita dan hoax yang dibuat oleh golongan yang pertama. Parahnya, golongan ini sering salah mengintrepretasikan berita gosip dan hoax.

Akibatnya jadi seperti ini,

Hoax dan berita gosip yang merugikan tersebut tersebar luas, seperti belalang, menggerogoti pkiran orang, membuat masyarakat resah dan berprasangka buruk akan seseorang.

blogger
Hati-hati menebar berita, bisa saja berita tersebut gosip belaka dan berdampak buruk pada kehidupan manusia yang sedang dijadikan bahan gosip (sumber: https://employmentdiscrimination.foxrothschild.com/)

Beban psikologis bahkan kehidupan yang hancur akan ditanggung oleh objek gosip selama ia hidup, hanya karena berita yang tidak jelas dan di-blow up demi keuntungan pihak tertentu semata.

Well, oleh karena itu, situs sains populer tekemuka dunia, http://www.livescience.com, mencantumkan kebiasaan manusia menggosif sebagai salah satu sifat yang destruktif, selain mencuri, melakukan bully, dan membunuh!

Menggosip dan menggunjing juga diharamkan oleh agama dan dianggap sebagai tindakan yang tidak manusiawi, seperti seseorang yang tega memakan mayat saudaranya sendiri!

Mulailah Membangun Blog Sederhana

Membuat blog sama saja dengan membeli buku dan menulisnya dengan informasi yang Anda dapatkan hari ini. Anda dapat membuat blog gratis di blogger.com atau wordpress.com.

Namun kini sudah banyak yang membuat blog premium dengan domain murah dan web hosting Indonesia. Salah satu yang terbaik adalah https://www.exabytes.co.id. Provider ini sudah mulai mengudara hingga Anda tidak perlu khawatir dengan layanannya. Kabar baiknya, https://www.exabytes.co.id merupakan salah satu provider domain dan web hosting murah yang mendukung UKM untuk membuat website.

Sedangkan untuk Anda yang akan menjadi blogger profesional, https://www.exabytes.co.id juga menyediakan program domain murah untuk blogger yang mengkontribusikan informasi dalam bentuk postingan blog!

Kesimpulan : Menjadi Blogger yang Memanusiakan Manusia

Menjadi seorang blogger yang profesional hendaknya mampu memberi manfaat bagi orang lain dan terus menggali potensi dengan belajar tanpa mengenal lelah untuk memberikan informasi bermanfaat.

Blogger profesional akan menghindari kegiatan tidak terpuji dan tak manusiawi seperti melakukan plagiarisme, memasang iklan berlebihan, dan menyebarkan gosip dan hoax yang meresahkan masyarakat.

Demikian artikel dari kami, semoga dapat menginspirasi and menjadi blogger yang lebih baik dan bermanfaat bagi manusia lain!

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

0 Comments

  1. Pingback: Panduan Memilih Themes WordPress Yang Baik dan Benar • Evilgenius.ID

Silahkan diskusikan topik diatas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.